Kamis, 21 Maret 2013

KEBERHASILAN, PASTI ADA, CARILAH


Keberhasilan…
Keberhasilan bukan IMPIAN
Keberhasilan adalah KENYATAAN
Yang harus diperJUANGkan dengan keBERANIan

Keberhasilan bukan SULAPAN
Keberhasilan adalah PROSES PANJANG
Yang harus diTEKUNi dengan keULETan

Keberhasilan bukan HADIAH
Keberhasilan adalah ANUGERAH HIDUP
Yang harus diREBUT dengan keTEGUHan

Kegagalan…
Kegagalan adalah tanda TIDAK TEPATnya ARAH
PENYESUAIAN adalah nama perJALANannya

Kegagalan adalah tanda TIDAK CUKUP BAIKnya CARA
PENINGKATAN adlah nama peLATIHANnya

Kegagalan adalah sebetulnya TERTUNDAnya sebuah keBERHASILan
KESABARAN adalah nama peNANTIannya

Kegagalan adalah tanda TIDAK CUKUPnya keKUATan
KESUNGGUHAN adalah nama keHARUSannya

Kegagalan adalah tanda akan ADAnya JAMINAN
Keberhasilan dan Iman adalah nama keYAKINannya

Sebuah kegagalan yang berulang-ulang dan berkesinambungan memang bisa bikin frustasi, jengkel, marah, hilang harapan, 'mutung' (kehilangan motivasi), dll. Namun, haruskah demikian?

Banyak orang bilang, kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Juga kegagalan adalah awal dari keberhasilan. Benyamin Franklin pernah mengatakan: "Saya belum pernah gagal; sebelumnya, saya pernah mencoba 10,000 macam ide-ide yang belum ada hasilnya." Bahkan kata Thomas Edison: "dari 200 buah bola lampu yang tidak dapat menyala, setiap buah yang gagal memberikan sesuatu yang dapat aku pakai untuk mencoba berusaha lagi supaya berhasil"

Memang telah menjadi hukum Allah (sunnatullah) bahwa tiada suatu keberhasilan tanpa pengorbanan seperti yang tercantum dalam pepatah yang kita kenal - "jer basuki mawa bea" - dan "bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian". Dalam ajaran Islam-pun disebutkan bahwa "di dalam suatu kesulitan itu ada kemudahan" <QS. 94:5-6> dan bahwa "<Hari> akhir itu jauh lebih baik dari pada yang sebelumnya" <QS. 93:4>.

Jadi 'rawe-rawe rantas malang-malang putung' - tidak perlulah segala putus asa itu. Selama tekad dan niatnya mantap, pandangan dan tujuannya terfokus, insya Allah keberhasilan akan tercapai pada akhirnya walaupun terkadang mesti melalui suatu perjalanan yang panjang. Jadi keberhasilan itu "pasti" ada, maka carilah keberhasilan itu sampai ketemu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar