Rabu, 03 April 2013

~:: Kekuatan Niat ::~


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh,


Bismillahirrahmanirrahim,

Dari Amirul mu’minin abi hafs umar bin khotob ra, saya mendengar bahwa rasulullah saw bersabda “Setiap amal perbuatan itu dengan niat, dan setiap perbuatan itu tergantung pada apa yang diniatkannya, barangsiapa yang hijrahnya karena Allah dan RasulNya maka ia akan sampai kepada Allah dan RasulNya, dan barangsiapa yang hijrahnya karena dunia yang ia cari atau karena wanita yang ingin dinikahinya, maka ia akan sampai kepada apa yang diniatkannya itu” (HR Bukhari-Muslim)

Betapa hebatnya kekuatan niat, bahwa dengan kita berniat maka dalam hadits tersebut, kita akan sampai kepada apa yang kita niatkan. Artinya kesungguhan dalam menjalani hidup harus kita optimalkan dengan niat dan ikhtiar yang benar. Apa ikhtiar yang benar itu, yaitu ikhtiar yang kita lakukan benar-benar sesuai dengan kehendak Allah. Maka sebelum kita berikhtiar kita harus meminta dulu kepada Allah agar ikhtiar kita benar-benar menjadi amal sholeh bagi kita. Setelah kita berdoa kepada Allah agar ikhtiar kita benar selanjutnya kita berikhtiar sesuai dengan petunjuk Allah. Artinya apa karena Allah telah menunjukkan jalan-jalan kebaikan bagi kita. Selanjutnya setelah ikhtiar kita benar dan kita jalankan, kemudian kita menyerahkan segala urusan hanya kepada Allah. Karena Allah yang memiliki alam ini. Sangat mudah bagi Allah menolong kita, karena kalau Allah sudah berkehendak maka kehendaknyalah yang akan terjadi. Kalau Allah sudah berkata “Kun”, “Fayakun”.

Jadi, kunci sukses untuk menjalani hidup ini beberapa diantaranya adalah yang pertama Luruskan Niat, yang kedua adalah mengoptimalkan ikhtiar dengan cara-cara yang diridhoi oleh Allah swt, dan yang ketiga adalah menyerahkan segala sesuatunya hanya kepada Allah. “Falyatawakkal ‘alallah fahuwa hasbuh” Maka barangsiapa yang bertawakal kepada Allah maka dia akan mencukupi keperluannya.
"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar