Rabu, 03 April 2013

Fase - Fase Alam Kubur:


Bismillahirrahmanirrahiim


1. Himpitan kubur
Setiap manusia kafir / beriman akan mengalami himpitan kubur. Bedanya, himpitan yang dialami oleh orang yang beriman tidak berlangsung selamanya. Sedangkan orang kafir akan mengalami himpitan kubur terus menerus dan berkepanjangan hingga memecahkan tulang belulangnya.

2. Pertanyaan malaikat
Siapa Tuhanmu? Siapa nabimu? Apa agamamu?
Saat itu yg menjawab adalah amal kita. Bisakah amal kita menjawab pertanyaan malaikat...

3. Azab / nikmat kubur
Setelah menjawab pertanyaan malaikat maka orang beriman akan mendapat seruan: "Benar... HambaKu. Hamparkan baginya tikar dari surga, lalu angin dan wangi surga datang kepadanya. Kemudian kuburan diluaskan seluas mata memandang, seorang yang rupawan datang menemaninya yang tiada lain amal shalihnya." (HR. Ahmad, Abu Daud, Hakim dan Baihaqi).

Sedangkan orang kafir akan mendapat seruan: "HambaKu ini seorang pendusta. Hamparkan padanya tikar dari api neraka, bukakan baginya pintu neraka, panas dan keringnya neraka mendatanginya. Kuburannya disempitkan sampai pecah tulang - belulangnya, seorang yang berwajah buruk, berpakaian buruk dan berbau busuk datang kepadanya yang tiada lain amal buruknya."

"Ketika orang - orang yang durhaka pada Allah tidak bisa menjawab pertanyaan malaikat, lalu ia dipukul dengan gada besi, hingga ia menjerit dengan teriakan yang sangat keras, didengar oleh seluruh makhluk Allah kecuali jin dan manusia." (HR. Bukhari - Muslim).

4. Ditempatkannya Ruh
Orang beriman mendapatkan seruan: "...lalu angin dan wangi surga datang kepadanya. Kemudian kuburan diluaskan seluas mata memandang..."

Orang kafir mendapat seruan: "...panas dan keringnya neraka mendatanginya. Kuburannya disempitkan sampai pecah tulang belulangnya,..."

5. Kebangkitan Q.S ar-Rum ayat 19: Dia Mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan Mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan Menghidupkan bumi setelah mati (kering). Dan seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari kubur).

Q.S ar-Rum ayat 24 - 25: Dan di antara tanda - tanda (kebesaran)-Nya, Dia Memperlihatkan kilat kepadamu untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan, dan Dia Menurunkan air (hujan) dari langit, lalu dengan air itu dihidupkanNya bumi setelah mati (kering). Sungguh, pada yang demikian itu benar - benar terdapat tanda - tanda bagi kaum yang mengerti. (24) Dan di antara tanda - tanda (kebesaran)-Nya ialah berdirinya langit dan bumi dengan kehendakNya. Kemudian apabila Dia Memanggil kamu sekali panggil dari bumi, seketika itu kamu keluar (dari kubur).(25)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar