Selasa, 14 Mei 2013


Mari kita merenung, adakah di antara amal ibadah yang telah kita lakukan selama ini yang diterima oleh Allah?

Mari kita berharap, semoga ada satu saja di antara amal ibadah yang telah kita lakukan yang diterima oleh Allah.

Kita tidak akan pernah tahu, amal ibadah kita yang mana yang diterima-Nya, kecuali setelah tiba di hari perhitungan nanti.

Allah Ta'ala berfirman:

وَالَّذِينَ يُؤْتُونَ مَا آتَوْا وَقُلُوبُهُم
ْ وَجِلَةٌ أَنَّهُمْ إِلَى رَبِّهِمْ رَاجِعُونَ

"Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut, (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Rabb mereka." (Al-Mu'minuun: 60).

Al-Imam Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan:

"Maksudnya, orang-orang yang memberikan pemberian itu khawatir dan takut tidak diterima amalannya, karena mereka merasa telah meremehkan dalam mengerjakan syarat-syaratnya." [Tafsir Ibnu Katsir (3/234)]

Aisyah radhiyallahu 'anha pernah bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang ayat di atas, maka beliau menjawab:

"Mereka adalah orang-orang yang berpuasa, bersedekah, shalat, dan mereka merasa khawatir tidak diterima amalannya." [HR. Tirmidzi (no. 3175), Ibnu Majah (no. 4198), Ahmad (6/159), Al-Hakim (2/393), dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah (no. 162)].

Pantaskah kita merasa yakin bahwa amalan kita pasti diterima? Merasa mendapat "kemenangan" di hari raya Idul Fithri?

Sedangkan orang-orang shalih terdahulu semisal Fudhalah bin ‘Ubaid berkata:

"Seandainya aku mengetahui bahwa Allah menerima dariku satu amalan kebaikan sebesar biji saja, maka itu lebih kusukai daripada dunia dan seisinya, karena Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّمَا يَتَقَبَّلُ اللَّهُ مِنَ الْمُتَّقِينَ

"Sesungguhnya Allah hanya menerima (amalan) dari orang-orang yang bertakwa." (Al-Maa-idah: 27). [Lathaif Al-Ma’arif (368-369)]

Ustad Abu Muhammad Herman
Via Inspirasi Islami

..........................
Yuk baca info kesehatan ini, INI KEUNTUNGAN MINUM AIR PUTIH HANGAT DIPAGI HARI, Hanya di Metro Herbal, Insya Allah sangat bermanfaat..:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar