Senin, 15 Juli 2013

Tips Sehat Ala Rasulullah



Sehat adalah suatu nikmat yang patut kita syukuri dan kita jaga, sebab kata orang sehat itu mahal harganya dan ada pepatah yang mengatakan mencegah lebih baik dari pada mengobati maksudnya kita jaga kesehatan kita baik-baik sebelum penyakit menyerang kita, apabila kita terserang penyakit maka repotlah kita dibuatnya, badan kita lemas dan tak bergairah sehingga kita tak bisa melakukan segala kegiatan dengan maksimal.

Pada kesempatan ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai TIPS SEHAT ALA Rasulullah yaitu :

1. Bangun Subuh

Dengan bangun subuh tentunya kita sholat subuh, pada saat pagi-pagi, pikiran dan perasaan kita biasanya lebih fresh / segar dan rileks, hal ini dapat mencegah stroke dan tekanan darah tinggi yang umumnya rentan terjadi pada waktu itu karena penyempitan pembuluh darah.

Menurut para pakar udara, waktu subuh sangat baik karena kaya oksigen dan relative masih bersih tak terkontaminasi unsur lain, udara yang baik tentu saja berguna untuk metabolisme tubuh kita untuk beraktivitas seharian.

Pada pagi hari juga digunakan Nabi untuk bersiwak atau menggosok gigi, sebab gigi dan mulut yang bersih berguna untuk memperlancar dan memperbaiki proses konsumsi makanan agar maksimal diserap tubuh.

2. Minum Air Putih dan Madu

Nabi biasanya membuka sarapan dengan air putih dan sesendok madu,karena dua unsur ini sangat luar biasa manfaatnya madu sebagai penyembuh sedangkan air putih kaya akan mineral yang akan mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan dan sebagai pencuci hati.

Madu juga terkenal sebagai unsur yang dapat membersihkan usus dan mencegah peradangan.

3. Mengkonsumsi kurma

Nabi biasanya mengkonsumsi kurma sebanyak 7 butir, kurma ternyata berguna sebagai penangkal racun selain sebagai pengenyang yang kaya gula dan karbohidrat.

4. Mengkonsumsi minyak zaitun

Saat siang hari dan menjelang sore hari Nabi juga biasanya mengkonsumsi Cuka, minyak zaitun dan roti, kombinasi makanan ini ternyata dapat menguatkan tulang, mencegah kepikunan serta menghancurkan kolesterol jahat dalam tubuh

5. Makan Sayuran dimalam hari

Sayuran memiliki kandungan Zat dan fungsi yang sama yaitu menguatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari serangan penyakit.

Setelah makan malam biasanya Nabi tak langsung tidur melainkan melakukan aktifitas dulu supaya makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah dicerna, adapun kegiatan Nabi sebelum tidur adalah melakukan sholat.

Sabdanya : “ Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah SWT dan sholat serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan karena dapat membuat hati kalian menjadi keras ”.

( HR: Abu Nu’aim dari Aisyah RA )

Selain itu Nabi juga sering sering makan buah labu air yang terbukti bisa mencegah penyakit gula, juga makan buah anggur dan minum susu
SEMOGA BERMANFAAT

1 komentar:

  1. sharing masalah shalat khusuk....dapat masuk ke no ini.... 081944995457

    BalasHapus