Jumat, 12 Oktober 2012

~~Tanda Hati yang Hidup~~

Bismillahirrahmaanirrahiim…

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh!

Hati yang hidup memiliki banyak tanda. Tanda yang paling utama adalah rasa takut dan khwatir terhadap Allah SWT. Sebagaimana Allah SWT. berfirman :

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakal.” (QS. Al-Anfaal : 2)

Adapun tanda hati yang hidup lainnya sebagai berikut :

1. Tubuhnya gemetar, kulit dan hatinya menjadi tenang ketika mendengar Al-Qur’an.
2. Hatinya khusuk ketika berdzkir kepada Allah.
3. Mengetahui kebenaran dan tunduk kepadanya.
4. Selalu kembali bertaubat kepada Allah.
5. Tenang dan penuh wibawa.
6. Penuh cinta dan kasih sayang pada sesama muslim.
7. Jauhnya dari iri dan dengki.

Apabila hati seorang hamba telah mati, maka anggota tubuhnya akan berhenti dari ketaatan untuk beribadah. Dia tidak akan menjalankan perintah Allah dan mengamalkan kitab Rabbnya dan sunnah rasul-Nya, serta akan memusuhi Allah Dzat Maha Pemurah dan mencintai setan.

Dia memakan rezeki Allah namun tidak mensyukurinya. Manguburkan orang-orang mati namun tidak mengambil ibrah darinya. Mengetahui bahwa kematian adalah benar adanya namun tidak menyiapkan diri untuknya. Bahkan dia menghampiri dunia, memakmurkannya, mengumpulkannya dan berlomba-lomba untuk menghimpun bekas-bekas reruntuhannya, sehingga dia pun tersiksa sepanjang hari. Allah SWT., berfirman :

“Maka janganlah harta benda dan anak-anak mereka menarik hatimu. Sesungguhnya Allah menghendaki dengan (memberi) harta benda dan anak-anak itu untuk menyiksa mereka dalam kehidupan di dunia dan kelak alan melayang nyawa mereka, sedang mereka dalam keadaan kafir.” (QS. At-Taubah : 55)



Salam santun dan salam ukhuwah fillah saudaraku semuanya… ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar